MeroketNews – Unity Meminta Maaf, engine game yang digunakan oleh judul-judul terkenal seperti Among Us, Genshin Impact, Rust, dan lainnya, baru-baru ini membuat permintaan maaf atas kebijakan terbaru mereka. Kebijakan yang dimaksud adalah Unity Runtime Fee yang akan membebankan biaya kepada para developer yang menggunakan engine ini setiap game mereka diinstall oleh pengguna setelah mencapai batas minimum yang ditentukan.
Berdasarkan rencana baru yang tentatif ini, Unity akan membatasi biaya ke 4% dari revenue game jika telah melewati 1 Juta Dollar US. Artinya, perusahaan ini tidak akan mengambil biaya penuh jika kalkulasi instalasi melebihi dari 4% keuntungan game terkait. Namun, kebijakan ini menuai protes dari developer game indie di seluruh dunia.
Namun, Unity kini meminta maaf dan akan merubah kebijakan tersebut. Permintaan maafnya disampaikan melalui akun Twitter resminya. Mereka mengatakan akan memberikan informasi terbaru dalam beberapa hari ke depan.
Salah satu developer game bernama Tim Soret, Founder Odd Tales Games, juga mengajukan permintaan kepada Unity. Dirinya ingin Unity menghormati Term Of Service (TOS) setiap versi dan mengusulkan agar Unity mengembalikan total biaya atau menggunakan bagi hasil standar. Ia juga meminta Unity untuk menjadi lebih jujur, terbuka, dan dapat diandalkan.
Saat ini, semuanya masih dalam tahap perubahan, dan para developer game dan pengguna Unity akan terus menunggu perkembangan selanjutnya. Sementara itu, Unity telah memberikan harapan bahwa mereka akan merombak kebijakan mereka untuk menciptakan lingkungan yang lebih adil dan mendukung bagi semua pihak yang menggunakan mesin game ini.
Dalam perkembangan selanjutnya, Unity sepertinya telah memutuskan untuk mendengarkan dengan seksama umpan balik dari para developer game dan komunitas pengguna mereka. Ini merupakan langkah yang positif dalam menjaga hubungan baik antara Unity dan para pemangku kepentingan mereka.
Pentingnya kolaborasi antara Unity dan para developer game indie juga harus ditekankan di sini. Developer indie seringkali merupakan motor kreativitas dalam industri game, menciptakan pengalaman yang unik dan segar bagi para pemain.
Oleh karena itu, mendengarkan aspirasi mereka dan mencari solusi yang adil adalah langkah yang bijaksana bagi Unity.Selain itu, dalam dunia game yang terus berkembang, transparansi dan keandalan menjadi aspek penting bagi kepercayaan dan kesuksesan jangka panjang.
Unity telah mendengar panggilan untuk menjadi lebih jujur dan dapat diandalkan, dan kini tugas mereka adalah memastikan bahwa janji-janji ini diwujudkan dalam tindakan nyata.
Dalam beberapa hari ke depan, kita dapat mengharapkan pembaruan lebih lanjut dari Unity tentang perubahan kebijakan mereka. Sementara itu, semuanya masih dalam tahap pengembangan, dan semoga hasil akhirnya adalah solusi yang menguntungkan semua pihak, baik pengguna Unity, developer game, maupun Unity sendiri.
Ini adalah saat yang penting bagi Unity untuk mendefinisikan kembali arah mereka dan membangun fondasi yang kuat untuk masa depan industri game. Kita semua dapat berharap bahwa hasil akhirnya akan menciptakan lingkungan yang lebih seimbang dan adil bagi semua orang yang terlibat dalam ekosistem game yang begitu dinam